Palembang, Indo Merdeka – Menyambut bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulftri 1445 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel) melaksanakan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) Sumatera Selatan tahun 2024 pada Senin, 18 Maret 2023.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Penjabat Walikota Palembang yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Investasi, Rudi Indawan, FORKOPIMDA, pimpinan instansi vertikal, dan perbankan di Provinsi Sumatera Selatan.
SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan layanan penukaran uang kepada masyarakat agar kebutuhan likuiditasnya tercukupi baik secara jumlah nominal, pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar terutama dalam menghadapi Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Kepala Perwakilannya Bank Industri Provinsi Sumsel, Direktur Ricky P. Gozali mengatakan, “Pada tahun 2023, BI Sumsel meraih prestasi sebagai program SERAMBI terbaik nasional. Terima kasih kepada perbankan dan instansi terkait yang telah bersinergi untuk pelaksanaan kegiatan ini. Tahun ini semoga kita dapat mempertahankan prestasi ini dengan memberikan layanan yang lebih efisien, lebih efektif dan lebih responsif”, ungkap Ricky dalam sambutannya di Lobi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.

SERAMBI 2024 yang mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” ini memiliki serangkaian kegiatan diantaranya:
Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 145 titik loket perbankan mulai tanggal 18 Maret s.d 4 April 2024 yang merupakan sinergi dan kolaborasi BI Sumsel dengan perbankan di Provinsi Sumatera Selatan.

Susur Sungai Musi (SSM) di Desa Sungai Baung, Kabupaten OKI dan di Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin yang merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi BI Sumsel dengan Pangkalan TNI AL Palembang dalam rangka menjangkau daerah blind spot di Sumatera Selatan yang masih tergolong Low Acses to Cash (LAtC).

BI Peduli Mudik dengan perluasan kegiatan kas keliling di beberapa jalur mudik diantaranya:
Layanan Penukaran di Stasiun KA Kertapati
Layanan Penukaran di Pusat Pembelajaran Modern di Palembang Indah Mall (PIM)
Layanan Penukaran di Bandara Sultan Mahmud Badarudiin
Layanan Penukaran di Stasiun LRT
Layanan Penukaran di Rest Area Tol Kayu Agung
Layanan Kas Keliling di area Darmaga Kapal Jukung Benteng kuto Besak
Layanan Kas Keliling Terpadu di Halaman Parkir Gedung DPRD Sumsel yang akan melibatkan 9 (sembilan) bank selama 2 (dua) hari berturut-turut yaitu tanggal 3 s.d 4 April 2024.

Layanan BI Jaringan Penukaran melalui Perluasan Akses (Jumpa) yang merupakan layanan penukaran di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terluar) dimana Kota Pagar Alam akan menjadi pilot project program ini.

Bank Indonesia menghimbau masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi seperti di loket perbankan dan kas keliling Bank Indonesia guna menghindari risiko uang palsu. Bagi masyarakat yang akan melakukan penukaran di layanan kas keliling yang disediakan Bank Indonesia diharapkan dapat mendaftar sebelumnya melalui https://pintar.bi.go.id.,” pungkasnya

Bagikan: