Palembang, Indo Merdeka – Tercatat ada 38 siswa SMA Negeri 17 Palembang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh, Waka Humas SMA Negeri 17 Palembang Drs Redi Wijaya M. Erg. Ia juga mengatakan, 38 orang siswa SMA Negeri 17 Palembang yang diterima di beberapa Universitas di Indonesia melalui jalur SNBP yakni di Unsri, Universitas Gajah Mada. Institut teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Andalas, Universitas Lampung ada yang di Universitas Indonesia ada juga yang di Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas sebelas Maret yang terbanyak ini di UGM.

Dibanding tahun lalu, Lanjutnya, ada peningkatan, terutama dari segi fakultas yang mereka lolos seleksi yang untuk fakultas kedokteran itu ada yang diterima di UGM, Unsri dokter gigi, Fakultas Kedokteran di Universitas IPB,  Unila.

“Karena anak-anak 17 ini rata-rata di pilihannya di fakultas kedokteran,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (28/3/2024).

Jelasnya, pihaknya masih menunggu total keseluruhan siswa SMA Negeri 17 yang di terima di PTN.

“Kita masih menunggu pengumuman seluruhnya, karena selain jalur SNBP,juga masih ada jalur UTBK dengan jalur mandiri,” katanya.

Lanjutnya, untuk sementara baru ini. Karena ada beberapa anak lain yang ikut seleksi yang sama dengan undangan tapi lewat jalur ketua OSIS. Jadi ada yang jalur tertentu yang coba dimasuki anak 17 untuk jalur undangan jadi tidak hanya jalur undangan seperti ini.

“Jadi lebih dikenal jalur undangan prestasi. Kalau jalur undangan sudah bisa langsung masuk langsung daftar ulang,” bebernya.

Ia juga menghimbau kepada siswa yang dinyatakan lulus jalur SNBP harus  membawa nama baik SMA 17. Harus membawa nama baik almamater. Karena biasanya undangan ini memberikan efek kepada adik kelasnya.

“Jadi kalau track record mereka bagus selama di universitas itu maka kemungkinan besar adiknya kelasnya nanti akan bisa masuk juga ke Universitas yang sama dengan kuota yang lebih besar. Jadi yang ini memancing adik kelasnya akan masuk juga di universitasnya sama seperti kakak kelasnya,” pungkasnya.

Bagikan: