Palembang, Indo Merdeka – Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, yang memiliki niat untuk meninjau pelaksanaan fogging, malah menemukan selokan tersumbat dan tumpukan sampah di sekitar Rumah Susun, Kecamatan Bukit Kecil. Kamis (21/3/2024).

Pemandangan tersebut terlihat tidak menyenangkan saat Ratu Dewa hendak menuju lokasi fogging berikutnya di Kecamatan Bukit Kecil.

Setelah mengetahui hal tersebut, Pj Walikota langsung menghubungi dinas terkait agar tumpukan sampah tersebut segera dibersihkan.

“Kita ingin tumpukan sampah ini langsung dibersihkan, demi kenyamanan dan kesehatan warga. Sudah kita tindaklanjuti,” ucap Ratu Dewa.

Sebelumnya, Ratu Dewa meninjau secara langsung pelaksanaan fogging atau pengasapan gratis di Jalan Musyawarah, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus. Ini merupakan upaya Pemerintah Kota Palembang dalam mengantisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Fogging gratis dilakukan serentak di 18 Kecamatan di Kota Palembang sejak beberapa waktu lalu. Para petugas terlihat sigap melakukan fogging.

“Pada hari ini sebenarnya adalah fogging secara serentak di 18 Kecamatan dan 107 Kelurahan sebelum memasuki bulan puasa, ini sekedar lanjutan karena ada beberapa pengaduan masyarakat supaya melakukan fogging di titik-titik tertentu,” ujar Ratu Dewa.

Program fogging dilanjutkan hari itu di beberapa kelurahan, termasuk di Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus. Ini penting karena Kota Palembang sedang musim hujan dan warga rentan terkena DBD.

“Sekali lagi ini merupakan sebuah gerakan bersama di 107 Kelurahan dan 18 Kecamatan dan ini semuanya ada tim di tingkat kecamatan,” ungkap dia.

Warga yang ingin daerah tempat tinggalnya mendapat fogging gratis dapat melapor di kelurahan atau kecamatan masing-masing.

Ratu Dewa juga menyebut ada sedikit peningkatan kasus DBD di Kota Palembang sehingga perlu terus dilakukan berbagai upaya pencegahan.

“Tetapi saya sudah minta dengan Kadinkes dan juga pimpinan rumah sakit untuk antisipasi sesegera mungkin diantaranya hari ini melakukan fogging termasuk edukasi bersifat anjuran dan himbauan pada warga,” tutupnya.

Bagikan: