Palembang, Indo Merdeka-  Pj Walikota Palembang Ratu Dewa tetap produktif dengan membagikan ratusan paket Sembako dan meninjau layanan jemput bola pembuatan dokumen kependudukan bagi warga. Kamis (21/3/2024)

Sebanyak 353 paket Sembako disalurkan pada acara yang berlangsung di Halaman Masjid Al-Kautsar, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I. Selain menerima Sembako, warga juga aktif mengurus berbagai dokumen, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga (KK).

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menekankan bahwa warga tidak akan dikenakan biaya apa pun dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan, semuanya gratis.

“Di bulan suci Ramadhan ini, saya minta seluruh dinas terkait untuk membantu proses pembuatan dokumen kependudukan, semuanya gratis. Saya menghimbau kepada warga Palembang, jika ada yang mengiming-imingi memberikan uang, itu masuk kategori pungutan liar (pungli),” ujarnya.

Terkait penyerahan paket Sembako, ini merupakan program lanjutan dari yang sebelumnya dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang serta arahan dari Presiden Republik Indonesia dalam rangka mengurangi angka kemiskinan.

“Alhamdulillah, angka kemiskinan di Kota Palembang menurun. Hari ini kita bagikan ratusan Sembako di Kecamatan SU I. Kemarin baru dibagikan 100 paket, dan hari ini 353 paket sehingga total 453 paket sembako,” ujar Ratu Dewa.

Kegiatan penyerahan Sembako dan layanan jemput bola pembuatan dokumen kependudukan ini tidak hanya dilakukan di Kecamatan SU I saja. Pj Walikota Ratu Dewa menjelaskan bahwa program ini akan terus dilakukan secara bergantian di kecamatan-kecamatan lain.

“Program ini saya harus ambil skala prioritas karena di SU I masih cukup banyak warga yang belum memiliki dokumen kependudukan, maka kita prioritaskan. Nanti akan bergiliran ke kecamatan-kecamatan lain termasuk pemberian sembako,” bebernya.

Camat SU I Mukhtiar Hijrun menyebutkan bahwa penerima Sembako hari itu berasal dari lima kelurahan, dan proses pengurusan dokumen ini terbuka seluas-luasnya untuk warga.

“Untuk yang sudah diproses, KIS sebanyak 526, KIP sebanyak 503, KIA 185, akta 43, dan KK 30, dan ini terus berlangsung,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Walikota Ratu Dewa dan jajaran atas perhatian yang diberikan.

“Ini pembagian sembako yang kedua kalinya di SU I dan sangat diperlukan masyarakat. Program jemput bola layanan dokumen kependudukan juga tepat untuk memudahkan masyarakat,” tutupnya. (*)

Bagikan: