Palembang, Indo Merdeka– Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP, bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), melakukan sidak di sejumlah supermarket di kota Palembang pada Senin, (1/4/2024).

Mereka memantau ketersediaan stok pangan dan keamanan pangan di bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami mengunjungi dua pasar modern, yaitu pasar Foodmart Supermarket PIM dan Transmart Jalan Radial Palembang,” kata Pj Sekda Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP.

Dalam sidak tersebut, mereka memeriksa kondisi barang, harga, ketersediaan stok, dan keamanan produk. Gunawan mengatakan bahwa setelah pemeriksaan di dua tempat tersebut, tidak ada masalah atau produk berbahaya.

“Terkait harga, kondisinya masih stabil. Bahkan, harga daging di sini lebih rendah dari pasar tradisional. Di sini, daging dijual seharga 130 ribu per kilogram, sedangkan di pasar tradisional sudah mencapai hampir 140 ribu. Jadi, harga masih dalam tahap wajar,” ujarnya.

Plt Kepala Balai Besar POM Palembang, Tedy Wirawan, menyatakan bahwa dari semua sampel yang diambil di Foodmart dan Transmart, tidak ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya.

“Kami menguji ikan asin, cincau, dan tahu. Alhamdulillah, semuanya negatif dari bahan berbahaya. Hanya ada satu produk gula yang kemasannya sobek, tetapi itu hanya satu kemasan dan satu produk,” katanya. (*)

Bagikan: