Palembang, Indo Merdeka – Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa, memantau langsung pembayaran zakat Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, Selasa (2/4/2025) yang dilakukan secara serentak membayarkan zakat maalnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di rumah rakyat jalan Tasik Palembang.

“Ini bukti setor zakat (BSZ)dari Badan Amil Zakat Nasional Baznas kota Palembang. Penyerahan stor zakat dari seluruh pegawai ASN Pemerintah kota Palembang merupakan zakat Mall yang bersumber dari pendapatan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dan Tunjangan Kinerja (Tukin) yang dibayarkan sebesar 2,5 persen,” kata Ratu Dewa.

Dewa menjelaskan, pengelolaan zakat mall ini haruslah transparan dalam mengelolahnya, sehingga pada saatnya nanti pemberiannya bisa tepat sasaran. Melalui program Baznas yang diterapkan selama ini sudah banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kecil.

“Seperti kita ketahui program bedah rumah, Palembang cerdas dan Palembang sehat dan lainnya sudah berjalan dengan baik sehingga dalam hal ini juga Palembang mendapatkan penghargaan dari Badan Pengelolaan Keuangan (BPK) RI atas transparasi keuangan dari pengelolaan keuangan Baznas,” jelasnya.

Lanjutnya, berbagai Program dan Kegiatan dilakukan oleh Baznas terutama sebagai mitra Pemerintah dalam mengentasukan kemiskinan serta penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Data dari BPS bahwa setiap tahunnya jumlah Penduduk Miskin di Indonesia terus menurun, terakhir di tahun 2023 berkurang 460 ribu orang dari tahun 2022. (sebelumnya 2022 26,36 juta orang menjadi 25,9 juta orang di tahun 2023).
Hal ini juga berbanding lurus dengan menurunnya tingkat kemiskinan serta naiknya pertumbuhan ekonomi di Kota Palembang.

Tingkat Kemiskinan
Tahun 2022 : 10,48 %
Tahun 2023 : 10,22 % (turun 0,26 persen)

Pertumbuhan Ekonomi
Tahun 2022 : 5,25 %
Februari 2023 : 5,12 % (turun 0,13 persen)
Tentu keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras kita bersama baik dari Pemerintah Kota Palembang maupun dari Instansi lainnya.

“Untuk diketahui, sejak tahun 2016 hingga saat ini, Baznas Kota Palembang secara rutin membantu Pemerintah dalam memberikan rumah layak huni kepada masyarakat Kota Palembang, dimana sampai saat ini telah tercatat 78 rumah yang telah dibangun maupun diperbaiki oleh Baznas Kota Palembang,”katanya.

Sementara itu Ketua Baznas kota Palembang Ridwan Nawawi menambahkan jika zakat mall ini bersumber dari seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) serta Dirut dari seluruh Badan Usaha Daerah (BUMD) kota Palembang yang bersumber dari TPP atau Tukin yang setiap bulan didapatkan kemudian selama 1 tahun.

“Kita ambil dari keseluruhanya 2,5 persen untuk dikeluarkan dan stor ke Baznas. Dari total keseluruhan ASN 4 ribu baru 30 persen yang melakukan pembayaran zakat mall nya dan ini masih ada waktu sebelum lebaran nanti. Target kita dibulan ramadhan zakat mall 1 Miliyar namun ada araha terbaru dari Pak Wali naik menjadi 1,3 Miliyar,”tutupnya

Bagikan: