Jakarta, Indo Merdeka – Di bawah kepemimpinan Pj Walikota Ratu Dewa, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Pemkot Palembang meraih penghargaan dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun Anggaran 2023 dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri pada acara SPM Awards 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2024).

Kota Palembang berada di peringkat ke-6 Nasional dari 93 kota di Indonesia dan peringkat 1 terbaik di Sumatera Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Wamendagri John Wempi Wetipo, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Gubernur, Walikota, dan Bupati se-Indonesia.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menyatakan rasa syukurnya atas capaian ini. Ratu Dewa mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil upaya Pemkot Palembang untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang Pemerintah Pusat berikan.

“Serta ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkot Palembang yang telah bekerja keras. Tentu kedepannya, kita akan tingkatkan berbagai sektor pelayanan karena ini terus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Ratu Dewa.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri menjelaskan bahwa SPM Awards adalah ajang pemberian penghargaan kepada Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang berkinerja terbaik dalam penerapan SPM.

“Indikator penilaian meliputi Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM, pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM,” ujarnya.

Selain itu, penilaian juga melibatkan pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, penyusunan rencana aksi. Serta kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

“Tentunya, ini melalui berbagai tahapan dan penilaian. Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada daerah yang meraih penghargaan,” tutupnya. (*)

Bagikan: