Palembang –  Lanud SMH Palembang menyelenggarakan Open Base, dalam rangka memperkuat nasionalisme generasi muda Indonesia di wilayah Palembang dan bertujuan agar warga dan masyarakat Kota Palebang bisa mengenal lebih dekat lagi dengan TNI Angkatan Udara. Sabtu (8/6/2024) di Apron Lanud SMH Palembang. 

Hal tersebut dikatakan oleh Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S. Ia juga mengatakan bahwa Lanud SMH kedatangan 10 pesawat tempur yakni 5 pesawat F-16 dan 5 pesawat Hawk untuk melaksanakan latihan komando operasi udara 1 yang akan dilaksanakan di Lampung. Jadi, pangkalan TNI AU Lanud SMH ini sebagai pangkalan Aju untuk pelaksanan latihan pengeboman di Lampung.

Jelasnya, Dalam Open Base di Lanud SMH diantaranya, 1 pesawat Hercules C-130, 3 pesawat CN , 5 pesawat F-16 Fighting Falcon, 5 pesawat Hawk 109/209, 1 Heli Caracal H 225 M dan 1 Heli Super Puma H-3213.

“Tahun lalu, kita juga melaksanakan Open Base ini di Palembang. Namun, untuk tahun ini menjadi lebih besar lagi dan hari ini saja ada 6 jenis pesawat TNI AU yang beroperasi di Lanud SMH dengan 16 jumlah pesawatnya dan 29 sortis penerbangan dari TNI AU ini akan berlangsung sampai Rabu (12/6/2024),”katanya.

Lanjutnya, Rabu mendatang akan diadakan latihan Force Down, dimana sudah dinarasikan ada pesawat asing yang tidak berizin akan dipaksa turun dengan pesawat tempur TNI AU dan akan dilaksanakan di investigasi di Lanud SMH.

“Saya sangat berharap, event ini dapat di manfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat terutama generasi muda agar menjadi kebanggaan dan memperkuat nasionalisme,”ungkapnya.

Ketua DPRD Provinsi Sumsel Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH, MH menyampaikan apresiasi dari Pemerintahan Provinsi Sumsel bahwa pangkalan TNI AU Lanud SMH dijadikan tempat untuk latihan pesawat tempur.

“Terima kasih untuk Danlanud SMH yang sangat luar biasa yang sudah membawa latihan pesawat tempur di Baseops Lanud SMH,”ungkapnya.

Bisa dilihat dari animo masyarakat yang datang untuk melihat event seperti ini, sambungnya, yang dimana event-event seperti ini sangat jarang mereka lihat bisa menjadi pariwisata bagi masyarakat.

“Semoga saja event-event yang ini akan selalu digelar di Sumsel. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya pada Danlanud SMH Palembang yang sudah menggelar event ini,”ucapnya.

Turut hadir, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH, MH, Pj Gubernur Sumsel diwakili Kasat Pol PP Provinsi Sumsel Aris Saputra, Kadishub Provinsi Sumsel  Ari Narsah, Kapolda Provinsi Sumsel yang diwakili Wadir Polairud AKBP Arif Harsomo, Kejati Provinsi Sumsel diwakili Aspidmi Kolonel Chk Aswari., SH., MH, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir., S. Sos., MH, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan dan BNN Provinsi Sumsel diwakili Kabiro Umum BNNP Sumsel Agusniarti., ST., M. Kes, dll.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba photografi dari Asosiasi Profesi Phografer Indonesia (APFI) Sumsel.

Bagikan: