Palembang – SMA Negeri 3 Palembang kembali menggelar Grand Final Pemilihan Putra Putri Smanta (PAPIS), yang merupakan salah satu ekstrakurikuler favorit di sekolah tersebut. Pada Kamis (17/10/2024).

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Drs. Sugiono, M.M., mengatakan bahwa ajang ini selalu menarik minat besar dari siswa-siswi, sejajar dengan kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti Rohis, Paskibra, dan Pramuka.

“PAPIS sangat diminati, dan acara grand final-nya kerap digelar megah, menyerupai pemilihan Bujang Gadis Palembang atau Miss Indonesia,” katanya saat di wawancarai di ruang kerjanya, Jum’at (18/10/2024).

PAPIS Smanta diakui menjadi salah satu daya tarik sekolah, terutama karena SMA Negeri 3 dikenal tidak hanya sebagai sekolah unggulan tetapi juga sebagai “Sekolah Artis.” Banyak siswa yang memiliki minat besar dalam dunia seni, kecantikan, dan pengembangan diri, yang sesuai dengan konsep pemilihan putra-putri sekolah ini.

Dalam ajang ini, peserta tak hanya dinilai dari aspek fisik, seperti tinggi badan, berat badan, dan penampilan wajah, tetapi juga dari kemampuan berpikir cepat, pengetahuan umum, seni, serta kedisiplinan.

“Fisik memang menjadi elemen penting, namun pengembangan brain, seni, dan karakter disiplin juga menjadi fokus utama dalam seleksi ini,” tambah Sugiono.

Siswa dituntut untuk dapat menjawab pertanyaan dengan singkat dan padat, serta mampu menampilkan diri dengan percaya diri.

“Proses seleksi PAPIS 2024-2025 diikuti oleh banyak siswa kelas 10 dan 11, dan akhirnya mengerucut pada 11 pasang finalis yang bersaing di babak grand final. Salah satu juri kehormatan dalam acara tersebut adalah Audra, finalis Miss Indonesia 2022 sekaligus alumni SMA Negeri 3 yang dulu aktif dalam ekstrakurikuler seni tari,” jelasnya.

Nantinya, para finalis yang terpilih akan menjadi pengurus PAPIS Smanta periode 2024-2025, dengan Putra dan Putri Smanta yang terpilih akan menjabat sebagai ketua. Organisasi ini diharapkan dapat melahirkan siswa-siswi yang siap berkompetisi di ajang yang lebih besar, seperti Bujang Gadis Palembang atau kompetisi lainnya di bidang pariwisata dan seni.

Pesannya untuk para finalis, jika sudah terjun di dunia seperti ini, harus all-out. “Namun, tetap harus bisa menjaga keseimbangan antara prestasi akademik dan non-akademik.”tutupnya.

Grand Final PAPIS 2024-2025 ini menjadi bukti bahwa SMA Negeri 3 Palembang terus berupaya mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga unggul dalam kepribadian dan seni.

Setelah melalui proses seleksi hingga grand final, menobatkan pemenang Putra Putri Smanta Tahun 2024 yakni M Fachry Akbar dan Rachel Maharani Yasik. Sedangkan Runner Up Putra Smanta Muhammad Faris dan Runner Up Putri Smanta Zahara Aulia Nur Nabila.

Bagikan: