Jakarta, Indo Merdeka – Fraksi PAN di Komisi IV DPR yang membidangi pertanian dan maritim mendukung tambahan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan karena sebab belum semua potensi ikan tangkap telah dimanfaatkan.

“Seperti infrastrukutr di Jawa Barat bagian selatan yang kalah dengan Pantura padahal jumlah ikannya masih banyak”, ujar Haerudin disela sela rapat kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dengan Komisi IV di Jakarta (27/8/2020).

Untuk itu, ia minta penyerapan anggaran KKP tahun 2020 agar ditingkatkan, dan dipercepat di masa Covid- 19 karena ekonomi masarakat sedang dimasa sulit.

Apabila dibandingkan dengan wilayah Pantura Jawa Barat, keadaan pembangunan infrastruktur perikanan di Jawa Barat bagian selatan masih kurang seperti jumlah pelabuhan pendaratan ikan dan alat tangkap, ungkap wakil rakyat dari Dapil Garut.

Padahal potensi ikan Jawa Barat bagian selatan masih besar yang selama ini belum tergali, malah semakin ketengah laut populasi jumlah ikannya malah lebih banyak lagi, jelasnya.

Untuk itu Fraksi PAN setuju tambahan anggaran KKP jadi Rp 9 Triliun, katanya. Untuk diketahui tahun 2020 KKP memperoleh anggaran sebesar Rp 6 Triliun.

Agenda Rapat Kerja Komisi IV dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan membahas perihal Laporan Keuangan Pemerintah Pusat APBN tahun 2019 dan RAPBN tahun 2021 serta usulan program program yang akan didanai oleh DAK berdasarkan kriteria teknis dari Komisi IV DPR, serta isu isu aktual.oce.

Bagikan: