Indralaya, Indo Merdeka – Bertempat diruang ralat Bupati Ogan Ilir, Jum’at 30/4/2021 berlangsung Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ogan Ilir tahun 2021-2026.

Kepala Bappenda Ogan Ilir, M.Taher dalam pengantarnya antara lain mengatakan, RPJMD merupakan penjabaran dari visi,misi dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun.

Lebih lanjut dikatakan M.Taher, konsultasi publik merupakan forum kegiatan antara Pemda dengan pemangku kepentingan yang relevan terhadap pembangunan dan isu strategis daerah. Mempertajam dan menyempurnakan substansi dalam rancangan awal RPJMD.

Konsultasi juga bertujuan untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD untuk pembahasan di DPRD, menyempurnakan permasalahan dan isu strategis dan menyempurnakan tujuan dan sasaran pembangunan daerah.
Terungkap dalam paparan RPJMD Bappeda Ogan Ilir meliputi, gambaran umum kondisi Ogan Ilir, keuangan daerah, permasalahan dan isu strategis daerah, visi,misi,tujuan dan sasaran, strategi dan arah kebijakan dan kesimpulan.

Sementara itu Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, SH, mengapresiasi penyusunan RPJMD oleh Bappeda Ogan Ilir dan berharap suluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Ilir bersama-sama menyukseskan penyusunan dan merealisasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Ogan Ilir yang lebih baik dibawah kepemimpinan Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar dan Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani.

Ditambahkan Bupati, masyarakat akan menilai kinerja pemempinnya selama priode kepemimpinan lima tahun kedepan. Oleh karenanya Bupati menekankan kepada seluruh OPD aga bekerja secara profesional dan proposional mendahulukan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi. Masyarakat dapat saja kecewa ketika harapan yang dimanahkan saat Pilkada tadi tidak terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu Bappeda provinsi Sumsel memberikan arahan antara lain dikatakannya, dalam hal merealisasikan RPJMD, Bupati cukup meminta para pembantu2 untuk paham dan mampu merealisasikan apa yang terkandung dalam RPJMD, sehingga tugas yang lain yang masih cukup banyak selain RPJMD tetap dan dapat dijalankan dengan baik dan lancar. Oleh karenanya sangat diharapkan peran serta para OPD dan masyarakat untuk suksesnya pembangunan Kabupaten Ogan Ilir lima tahun kedepan.

Rapat forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD ditandai dengan penanda tangan kesepahaman Bappeda, Organisasi Pemuda KNPI OI, Kominfo dan stake holder terkait, disaksikan Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, Pj Sekda Ogan Ilir, H Muhsin Abdullah dan peserta, baik yang langsung di Ruang Rapat Bupati maupun secara virtual. (Fadhil)

Bagikan: