Jakarta, Indo Merdeka – Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengeluarkan pernyataan kronologi insiden laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara timnas Brasil vs Argentina dihentikan.

CBF melalui pernyataan terbaru di situs resmi federasi menyatakan pihak timnas Argentina sudah diberitahu empat pemain mereka: Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Cristian Romero dan Giovani Lo Celso harus menjalani karantina selama 14 hari karena sempat berada di Inggris.

CBF menyatakan ada pertemuan di Hotel Marriot Sao Paulo, tempat skuad Argentina menginap, pada Sabtu (4/9) satu hari sebelum pertandingan. Pertemuan itu melibatkan CBF, perwakilan Kementerian Kesehatan Brasil, Badan Pengawas Kesehatan Nasional (Anvisa), CONMEBOL, dan perwakilan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA).

“Pada pertemuan ini, perwakilan dari Tim Nasional Argentina diberitahu bahwa ada kejanggalan dalam masuknya pemain [4 pemain Liga Inggris], bahwa mereka harus dikarantina dan mendapat bimbingan dari pihak berwenang yang memiliki otorisasi khusus untuk para pemain. Itu adalah diskusi teknis antara Anvisa, Kementerian Kesehatan dan AFA,” demikian pernyataan resmi CBF.

CBF kemudian mengatakan pihak AFA tidak menggubris pernyataan Anvisa dan Kementerian Kesehatan Brasil. Pihak AFA tidak memanggil Martinez, Buendia, Romero dan Lo Celso untuk melakukan karantina. Keempat pemain itu justru dibiarkan AFA menjalani latihan.

“Usai pertemuan, saat diminta kehadiran atlet, petugas Health Surveillance mendapat informasi para pemain sudah berangkat latihan, tidak mengikuti instruksi yang diberikan saat pertemuan. Badan tersebut melaporkan ketidakpatuhan [AFA] kepada Anvisa dan Kementerian Kesehatan, yang bertanggung jawab untuk menganalisis permintaan pengecualian yang diteruskan oleh CONMEBOL atas nama AFA,” demikian pernyataan resmi CBF.

Pihak Anvisa dan Kementerian Kesehatan Brasil menolak permintaan AFA melalui CONMEBOL untuk membiarkan keempat pemain itu menjalani laga di Arena Corinthians dan tidak menjalani karantina 14 hari.

“Pada Minggu, 5 September, permintaan [AFA] mendapat tanggapan negatif secara resmi oleh Kementerian Kesehatan kepada CONMEBOL, dan Tim Nasional Argentina telah diberitahu langsung di Arena Corinthians dengan waktu yang cukup untuk mengadopsi prosedur yang diperlukan,” demikian pernyataan resmi CBF.

CBF mengklaim meski pihak AFA punya waktu yang cukup untuk tidak memainkan empat pemain yang bermasalah, timnas Argentina tetap menurunkan Martinez, Romero dan Lo Celso sebagai starter. Sementara Buendia memulai laga dari bangku cadangan.

CBF juga mengaku sudah memberitahu kepada pihak CONMEBOL serta AFA mengenai protokol kesehatan Covid-19 di Brasil pada 5 Juli, 11 Agustus, dan 2 September. Dengan demikian tidak ada alasan bagi pihak AFA untuk tidak tahu mengenai peraturan kesehatan di Brasil.

Dalam laporan AS, pihak Anvisa sudah melarang empat pemain tampil melawan Brasil dan harus menjalani karantina. Pemberitahuan kepada pihak AFA itu dilakukan satu jam sebelum pertandingan.

Laga Brasil vs Argentina kemudian dihentikan pada menit keenam setelah petugas dari Anvisa berusaha mendeportasi Martinez, Buendia, Romero dan Lo Celso karena melanggar peraturan kesehatan pemerintah Brasil.

Sumber : CNN Indonesia

Bagikan: