Jakarta, Indo Merdeka – Pelatih timnas Laos U-23, Michael Weiss, mengeluhkan keputusan kontroversial wasit Indonesia di laga semifinal Piala AFF U-23 2022, Kamis (24/2).

Weiss menyebut Yudi Nurcahya yang memimpin laga tersebut sebagai wasit bermasalah.

“Saya tidak mengerti mengapa wasit membuat keputusan seperti itu. Situasi di mana pemain Thailand jatuh di area penalti di awal babak kedua tidak sensitif, itu jelas bukan pelanggaran yang dibuat bek Laos,” ucap Weiss dikutip dari Zing.

“Pemain Thailand itu langsung berlari ke arah gawang. Pemain Thailand itu lalu terjatuh, sama sekali tanpa benturan apapun dari bek Laos. Wasit benar-benar bermasalah,” kata Weiss menambahkan.

Dalam pertandingan antara Thailand vs Laos, wasit Indonesia Yudi Nurcahya menjadi sorotan. Hal ini tak lepas dari keputusan Yudi yang memberikan penalti pada menit ke-51 yang membuat Thailand mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Selain itu, Yudi juga menolak untuk memberikan penalti kepada Laos beberapa menit kemudian.

Weiss pun mengaku tidak ingin mencari-cari alasan atas kekalahan 0-2 dari Thailand. Ia menilai Thailand layak keluar sebagai pemenang karena unggul kualitas permainan, selain dibantu unsur keberuntungan.

Menurut Weiss, jika penalti tidak ditiup untuk Thailand maka Laos akan memiliki peluang untuk mendapatkan hasil 1-1 dalam 90 menit.

“Kesalahan penjaga gawang dan keputusan wasit adalah dua hadiah untuk Thailand. Kasus Covid-19 juga membuat Laos U-23 tidak mendapatkan servis dari beberapa pemain bagus. Pokoknya, selamat untuk Thailand. Semoga mereka beruntung di final,” kata Weiss.

Sumber:CNN Indonesia

Bagikan: