Jakarta, Indo Merdeka – Timnas Vietnam U-16 mengubah metode latihan jelang melawan Indonesia pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022. Pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan berharap perubahan ini bisa membantu Vietnam mengalahkan Timnas Indonesia U-16.

Vietnam U-16 menjalani latihan terakhir di Yogyakarta International School, Sleman, Kamis (4/7). Dikutip dari situs resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Quoc Tuan mengubah cara latihan Vietnam jelang melawan Indonesia.

Salah satunya Quac Tuan mengubah jadwal latihan mundur satu jam dari biasanya. Vietnam memulai latihan terakhir pukul 16.00 WIB dari yang biasanya pukul 15.00 WIB.

Pelatih Thailand U-16 Bisa Bahasa Indonesia, Kejutkan Wartawan

Hal itu dilakukan Quac Tuan karena Vietnam untuk kali pertama di Piala AFF U-16 2022 akan bermain malam saat melawan Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8).

Saat mengalahkan Singapura dan Filipina, timnas Vietnam U-16 selalu bermain pukul 15.00 WIB di Stadion Sultan Agung, Bantul.

“Berbeda dengan sesi latihan sebelumnya, pelatih Nguyen Quoc Tuan melatih pasukannya pada pukul 16.00 WIB, lebih lambat 1 jam dari sebelumnya. Pasalnya Vietnam U16 akan bertemu Indonesia U16 pada pukul 20.00 WIB, bukan pada rentang waktu pukul 15.00 WIB seperti pada dua kemenangan atas Singapura U16 dan Filipina U16,” tulis pihak VFF.

Kondisi lapangan Yogyakarta International School yang tidak memiliki penerangan bagus untuk menggelar latihan malam membuat Quac Tuan mengubah metode latihan.

“Karena tempat latihan tidak memiliki lampu, pelatih Nguyen Quoc Tuan memutuskan untuk membiarkan para pemain Vietnam U16 berlatih paling lambat pada kerangka waktu sesi latihan sesuai proposal penyelenggara turnamen,” tulis VFF.

“Sekitar waktu ini di Yogyakarta, matahari mulai berangsur-angsur menghilang. Itu juga momen ketika para pemain harus beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang lebih tidak menguntungkan dan suhu menurun seiring waktu di tempat latihan,” sambung pihak VFF.

Selain itu Quac Tuan lebih banyak mengistirahatkan Starting XI Vietnam saat melawan Filipina. Sementara pemain cadangan mendapat porsi penguatan fisik dan kontrol bola lebih banyak.

Indonesia dan Vietnam sama mengoleksi enam poin di Grup A Piala AFF U-16 2022. Hasil imbang melawan Vietnam cukup bagi Timnas U-16 untuk lolos ke semifinal, sementara Vietnam wajib menang atas Indonesia. Dikutip dari CNN Indonesia.

Bagikan: