Palembang –  Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 TNI Angkatan Udara Tahun 2024, di Lapangan Upacara Lanud SMH Palembang, Senin (21/4/2024).

Dalam Amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang dibacakan oleh, Danlanud SMH Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S, mengucapkan, Selamat Ulang Tahun Kepada segenap personel TNI Angkatan Udara dimanapun berada dan bertugas. Panglima TNI  juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI Angkatan Udara atas capaian yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina.

“Misi yang dilaksanakan adalah logistic air drop di jalur Gaza, dengan menggunakan pesawat C-130 J Super Hercules, dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” ujar Panglima TNI. 

Ditambahkanya, partisipasi TNI dalam misi bantuan  kemanusiaan ke Palestina dengan tajuk Solidarity Path Operations bersama dengan 8 negara lainnya, merupakan salah satu wujud pembuktian kemampuan TNI dalam interoperabilitas  dengan militer negara lain, sekaligus keberhasilan kemampuan diplomasi kemanusiaan bangsa Indonesia khususnya TNI di percaturan                        Internasional.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kondisi geopolitik di Timur Tengah saat ini agak memanas setelah Iran meluncurkan serangan drone dan rudal ke Israel, dengan kondisi global dan regional secara tidak langsung akan berdampak pada negara kita,”ungkapnya.

Lanjutnya, TNI Angkatan Udara sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertai demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita.

“Saya berharap peningkatan kemampuan Alutsista tersebut menjadikan TNI Angkatan Udara tidak hanya unggul, melainkan juga lebih disegani di kawasan,”harapnya.

Disisi lain, Danlanud SMH Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S, juga mengatakan bahwa di Lanud SMH Palembang sudah melaksanakan beberapa rangkaian acara Bakti Sosial seperti mengadakan 2 hari berturut-turut pasar murah, donor darah memberikan bingkisan lebaran dan bakti sosial ke Kertapati yang terdampak banjir.

Bagikan: