Jakarta, Indo Merdeka – Ketua DPR Puan Maharani lewat sambungan pertelepon berkomunikasi langsung dengan Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop, dari Jakarta selasa (4/8/2020), sebagai bentuk dukungan kedua parlemen atas kerjasama Menteri Riset antar kedua negara dalam rangka pengadaan obat dan vaksin Covid-19 dimasa yang akan datang.

“Saya telah mendengar Menteri Ristek dan Tekhnologi Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Tekhnologi dan Industri Turki dalam membahas pengembangan obat dan vaksin Covid- 19″, jelas Puan.

Dirinya optimis kerjasama ini akan berhasil dan kita akan mendapatkan manfaatnya dalam produksi serta penemuan obat dan vaksin Covid- 19 di waktu yang tidak lama lagi.

Puan mengajak parlemen Turki ikut juga dalam mendorong usaha kerjasama itu, katanya.

Isu Covid -19 antar kedua negara menjadi salah satu materi pembahasan utama saat Courtesy Call antara Puan dan Sentop.

Yang menarik kedua pimpinan parlemen berbicara saat berada di kantor parlemen masing masing di Jakarta dan Ankara.

Diplomasi tersebut dilakukan termasuk dalam rangka perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki. Yang diawali dengan saling mengucapkan selamat Idul Adha atau Hari Raya Haji.

Sebagai informasi, kedua negara sekarang ini sedang berjibaku ditengah pandemi serangan menghadapi Covid-19.

Dalam pertemuan virtual dalam tempo sekitar 15 menit. Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop langsung merespon dan menyatakan, penghargaan tinggi atas hubungan persahabatan erat Indonesia-Turki. Ke depan kerjasama RI-Turki harus diperkuat dalam berbagai bidang,ujar Mustafa Sentop.

Yang mengejutkan dari diplomasi itu, Puan menyampaikan titip salamnya kepada Presiden Turki Reccep Tayip Erdogan tokoh Islam modern melalui Ketua Parlemen Turki.

“Mohon sampaikan salam hangat saya kepada Presiden Erdogan dan seluruh rakyat Turki “, kata Puan dengan nada yang tidak kalah Islami. (oce)

Bagikan: