Palembang – SMA Negeri 5 Palembang kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H atau Tahun 2024 di Aula SMA Negeri 5 Palembang, Jumat (5/4/2024).

Pj Gubernur Sumsel  Dr Drs H Agus Fatoni MSi didampingi Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs H Sutoko MSi hadir dan sekaligus membuka pesantren tersebut.

Ia mengatakan, kegiatan ini memang harus diikuti oleh anak-anak, pelajar atau remaja. Karena akan  meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan, menambah pengalaman dan wawasan.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh SMAN 5 Palembang ini, karena hal ini penting sekali untuk mengupdate baik Ilmu Pengetahuan maupun informasi-informasi yang terjadi saat ini. Siapa diri kita itu tergantung dengan kita, oleh karena itu, kepada adik-adik peserta Pesantren Ramadhan perlu bersyukur bisa mengenyam pendidikan yang bagus seperti di SMAN 5 ini, oleh karena itu ikuti pendidikan belajar mengajar disekolah untuk meningkatkan Ilmu Pengetahuan dan berusahalah menjadi manusia yang unggul,” pesannya Fatoni.

Lanjutnya, manusia yang unggul ada 4 (empat) macam yaitu pintar, cerdas, kreatif dan informatif, sehingga menjadi bekal untuk menciptakan diri pribadi atau akhlak yang lebih baik.

“Sekolah yang bagus adalah sekolah yang tidak hanya mengajarkan pelajaran tetapi juga mendidik akhlak yang baik kepada peserta didik atau siswanya. Oleh karena itu saya minta kepada guru-guru disamping mengajarkan pelajaran kepada siswanya juga harus bentuk akhlak, karakter dan mental yang lebih baik,” katanyas.

Kepala SMAN 5 Palembang Drs Taufik MSi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menanamkan nilai-nilai keagamaan, terutama agama islam dikalangan remaja.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur yang telah hadir dan membuka kegiatan Persantren Ramadhan ini, “semoga melalui kegiatan ini dapat mengilhami kita semua dan terus berkarya serta melangkah kedepan demi memajukan Provinsi Sumsel,”ungkapnya.

Saat ini, sambungnya, banyak gejolak terutama dikalangan remaja, yang dirinya lihat melalui siaran Televisi, bukannya membawa pena dan buku, tetapi bawa celurit dan parang. Oleh karena itu, SMAN 5 Palembang selalu getol mengikrarkan menanamkan nilai-nilai keagamaan terutama nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan mulai dari pesantren sampai Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ),

“Karena itu, SMAN 5 Palembang merupakan satu-satunya sekolah umum yang sudah menyelenggarakan MTQ tingkat SMA dan SMK se-Sumsel. Insyaallah, Tahun depan bertepatan dengan  Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 5 Palembang, kami akan menyelenggarakan MTQ tingkat SMA dan SMK se-Sumsel,” katanya.

Untuk itu, tambahnya, melalui kegiatan Pesantren Ramadhan ini, meminta kepada perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi sumsel untuk memberikan arahan dan menyampaikan informasi yang terjadi dikalangan pelajar saat ini untuk mengantisipasi, supaya anak-anak selamat baik di dunia maupun akhirat.

“Kita lihat saat ini mengerikan, hampir setiap hari terjadinya kenakalan remaja, oleh karena itu, melalui kegiatan keagamaan baik Pesantren Ramadhan maupun MTQ kami membentengi anak-anak kami, Pelajar SMAN 5 Palembang ini dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam supaya mempunyai keyakinan terhadap nilai-nilai agama islam yang dianutnya,” pungkasnya.

Bagikan: