Palembang – SD Negeri 132 Palembang menggelar pesantren ramadhan dan pembagian zakat fitrah dengan tema “Membentuk Kebiasaan Baik, Disiplin dan Ketaatan di Bulan Suci Ramadhan”. Sabtu, (6/4/2024).

Kepala SDN 132 Palembang Mica Ariantara, S.Pd., mengatakan bahwa zakat tahun ini berhasil dikumpulkan dari kontribusi seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga keluarga guru, untuk disalurkan kepada 52 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6.

Jelasnya, kegiatan ini tidak hanya sekedar pembagian zakat, namun juga sebagai sarana edukasi bagi siswa untuk memahami nilai dan esensi berbagi di bulan Ramadhan.

Khususnya bagi guru-guru, lanjutnya, pihaknya menyalurkan zakat melalui Baznas sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dan inisiatif sosial Baznas.

“Penerima zakat tahun ini yaitu anak yatim, piatu, dan dhuafa. Ada 52 anak didik kita yang mendapatkan bantuan ini. Bantuan yang diberikan berupa 5 kg beras dan uang tunai Rp.75 Ribu. Seleksi penerima dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran dan memberikan manfaat yang maksimal,”katanya saat diwawancari di ruang kerjanya.

Selain pembagian zakat, Sambung Mica, SDN 132 Palembang juga menyelenggarakan pesantren kilat selama seminggu di bulan Ramadhan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 hingga Kelas 6, dengan rangkaian kegiatan yang mencakup siraman rohani dan ceramah agama.

“Tujuannya adalah untuk menguatkan pemahaman dan praktik keagamaan di antara siswa, sekaligus menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi. Di luar bulan Ramadhan, sekolah tetap konsisten dalam memberikan pembelajaran agama. Ini dilakukan melalui kegiatan membaca doa dan surat-surat pendek Al Quran sebelum memulai pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru berlatar belakang pesantren. Ini merupakan upaya sekolah dalam menjaga nilai-nilai keagamaan sepanjang tahun,”bebernya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya juga, sering mengundang, Ust. Hafiz, yang merupakan lulusan Al Azhar untuk datang ke sekolah memberikan pembekalan pentingnya sholat, puasa, dan praktik keagamaan lainnya untuk ditanamkan sejak dini.

“Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya unggul dalam ilmu akademik, tetapi juga dalam pemahaman dan praktik keagamaan,”ungkapnya.

Ia berharap bahwa zakat fitrah yang disalurkan dapat membawa manfaat, meskipun ia menyadari jumlahnya tidaklah banyak.

“Saya juga berharapan agar kegiatan ini dapat mendorong siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan peduli terhadap sesama. Karena kegiatan ini juga, menunjukkan komitmen SDN 132 Palembang dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan sosial dalam pendidikan, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan, khususnya di bulan Ramadhan,”pungkasnya.

Bagikan: