Jakarta, Indo Merdeka – Bola yang digunakan saat Diego Maradona mencetak gol ‘Tangan Tuhan’ melawan Inggris di Piala Dunia 1986 dijual mencapai 3 juta poundsterling atau Rp52,3 miliar.

Bola tersebut dimiliki Ali Bin Nasser, mantan wasit asal Tunisia yang memimpin laga Argentina vs Inggris di perempat final Piala Dunia 1986 di Stadion Azteca, Meksiko.

Nasser merupakan pemilik bola Adidas Azteca bersejarah tersebut. Dia mengambil bola usai pertandingan berakhir dan menyimpannya di rumah hingga saat ini.

Berbeda dengan sepak bola modern di mana pergantian bola bisa dilakukan setiap keluar lapangan, bola yang digunakan saat Piala Dunia 1986 hanya sedikit. Bola yang akan dijual Nasser adalah bola yang digunakan sepanjang laga Argentina vs Inggris.

“Bola ini adalah bagian dari sejarah sepak bola internasional. Sekarang waktu yang tepat untuk membaginya ke dunia. Saya berharap sang pembeli bisa memperlihatkan bola ini kepada publik,” ujar Nasser terkait alasan menjual bola dikutip dari Telegraph.

“Saya tidak bisa melihat insiden secara jelas, karena saya berada di posisi belakang Peter Shilton dan Maradona. Setelah pertandingan pelatih Inggris Bobby Robson mengatakan saya melakukan tugas bagus, tapi hakim garis tidak bertanggung jawab,” ucap Nasser.

Bola gol ‘Tangan Tuhan’ Maradona itu rencananya akan dilelang di Graham Budd Auctions, Inggris, pada 16 November mendatang. Perwakilan Graham Budd Auctions, Adam Gascoigne, yakin bola bisa laku hingga 3 juta poundsterling.

“Bola ini disimpan di lemari selama bertahun-tahun dan Tuan Bin Nasser telah memutuskan sekarang waktu yang tepat untuk menjualnya. Ketika Anda melihat berapa jersey Maradona terjual, tidak mengherankan bahwa perkiraan untuk bola adalah antara £2,5 juta hingga £3 juta,” ucap Gascoigne.

Baju yang dikenakan Maradona di perempat final Piala Dunia 1986 itu laku 7,1 juta poundsterling pada Mei lalu. Nasser juga akan menjual baju timnas Argentina yang diberikan Maradona kepadanya saat mengunjungi Tunisia pada 2015.

Sumber:CNN Indonesia

Bagikan: