Palembang – Pembukaan dan Pelaksanaan Olimpiade  Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Palembang Jenjang SD 2023 resmi digelar dengan tema “ Generasi Sehat, Talenta Hebat”, di Bumi Perkemahan Cadika Palembang, Rabu (24/5/2024)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ansori ST., MM mengatakan, bahwa kegiatan O2SN ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dan memang ini sudah terprogram. Dan, dari anggaran itu sudah ada, jadi jangan salah persepsi anggaran itu ada dan teranggarkan di dana bos. Karena ini, memang untuk mencari bibit-bibit unggul yang berprestasi.

“Jadi anak-anak kita, kita tidak hanya menyehatkan rohani. Kita juga harus menyehatkan jasmani, tentunya anak-anak ini ada bakatnya. Dan wadahnya di mulai dari sekolah yang mengadakan dari tingkat kecamatan, berjenjang dari tingkat kecamatan perlombaannya, juara tingkat kecamatan, para sekolah atlit ini terus ke kota dari kota ke provinsi. Dari provinsi ke tingkat nasional,” katanya.

Jelasnya, dalam Permendikbud 1 tahun 2021 untuk jalur penerimaan siswa baru pun, ada jalur prestasi salah satunya jalur prestasi non akademik. Kalau mereka jadi juara dalam tingkat kota pun, ini sudah menjadi modal untuk para anak-anak dalam melanjutkan jenjang pendidikan tanpa adanya zonasi, sudah langsung diterima di jalur prestasi ini.

“Inilah modal bagi mereka, sehingga anak-anak yang berbakat baik itu olahraga bulu tangkis, pencak silat ini di perlombakan lima tangkai olahraga ini. Berarti juara tingkat kota akan berlanjut di tingkat provinsi pada 3 Juni 2023 se Sumsel. Kegiatan ini, juga digelar 2 hari yakni dari tanggal 24 Mei hingga 25 Mei,”jelasnya.

Untuk saat ini, anggota ada 102 dari semua tingkat SD Negeri dan swasta untuk lima cabang olahraga (CABOR).

“5 cabor yang diperlombakan yakni Bulu Tangkis, Pencak Silat, Atletik, Karate, Silat dan Senam,” tambahnya.

Dia berharap, olimpiade ini akan dapatkan bibit-bibit calon atlit yang unggul. Dan semoga bibit-bibit atlit ini, yang akan terlihat di Kota Palembang yang akan terus menjadi juara ketingkat provinsi dan ketingkat nasional.

Ketua pelaksana Mat Genti SPD MM menyampaikan, bahwa pelaksanaan sudah persiapkan lebih kurang setengah bulan yang lalu, kemudian peserta itu seluruh SD  Negeri dan swasta yang ada di Kota.

“Kami sudah seleksi dari tingkat kecamatan, ini yang sudah berjalan tingkat kota, mudah-mudahan setelah ini kami akan melaksanakan ketingkat provinsi,”tutupnya.

Bagikan: