Lampung Utara, Indo Merdeka – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara, berencana melakukan pelatihan peningkatan lingkungan yang bersih.

Pelatihan akan dititk beratkan, pada kegiatan Pembinaan pengolahan sampah dan lingkungan.

Kepala Dinas DLH Lampura, Tomi Suciadi mengatakan banyak hal yang harus dibenahi terkait permasalahan Penangaan sampah yang ada di Kabupaten Lampung Utara, terutama tentang masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang dan ketidak pahaman masyarakat dalam pengolahan sampah. Kamis (7/1/2021)

“Masih terdapat sejumlah kendala dilapangan, termasuk kesadaran masyarakat dalam hal pengolahan sampah. untuk itu, DLH  dalam waktu dekat akan melakukan Pembinaan Terkait masalah ini, melalui Kelurahan dan Instansi terkait,” kata Tomi

Selain melakukan kegiatan pembinaan, Tomi juga menghimbau, agar warga dapat memanfaatkan sampah hingga dapat mengurangi tumpukan  sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dipaparkan Tomi, pembinaan yang dimaksud adalah Penerapan sistem 3R ( Reuse, Reduce, dan Recycle) yang akan dijadikan salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar, yang murah dan mudah untuk dilakukan dalam  mengolah sampah menjadi kompos yang akhirnya dapat dimanfaatkan.

Kendati demikian, hal yang tak kalah penting menurut Tomi, adalah keperdulian dan kesadaran masyarakat dalam membuat sampah pada Bak penampungan dengan waktu yang ditentukan yaitu dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 06.30 WIB.

“Ya, setiap 2 jam sekali mobil truk angkutan sampah berkeliling untuk mengangkut sampah, oleh kerena itu DLH menghimbau kepada masyarakat agar bisa lebih tertib dalam membuang sampah, hingga sampah tidak tertumpuk sembarang dan tidak menimbulkan kesan kumuh,” Tandasnya (Ri)

Bagikan: