Lampung Utara, Indo Merdeka- pasca penerapan Refocusing, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kabupaten Lampung Utara sampai kini, baru menerima berkas kegiatan dari tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dilakukan pelelangan.

Dinas tersebut meliputi, Dinas Perdagangan (12 paket) Dinas Perhubungan (1 paket), Dinas Kesehatan (1 paket)

” ada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru mendaptar kan kegiatannya untuk dilelang. Untuk berkas dinas Perdagangan yang telah dilakukan pembuktian,” Kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kabupaten Lampung Utara, Chandra Setiawan, Selasa (23/3/2021)

Sejauh ini, dijelaskanya berkas untuk pelelangan yang telah dilakukan sampai pada tahapan pembuktian hanya berkas pelelangan perencanaan (konsultan) dari dinas Perdagangan.

” Ada dua belas Paket perencanaan di Dinas Perdagangan yang telah dilelang. kemarin, kita baru melakukan pembuktian berkas untuk dua belas kegiatan tersebut,” ulas Chandra.

Lanjut nya, sedangkan untuk pembuktian berkas pelelangan dua dinas berikut nya, seperti dinas kesehatan dan Dinas Perhubungan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Paling Lambat Pembuktian berkas untuk dua kegiatan di Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan, awal pekan depan sudah bisa kita lakukan,” paparnya.

Keterlambatan OPD dalam Percepatan penyerapan Anggaran untuk melakukan pelelang kegiatannya di BPBJ, diduga sebabkan kerena adanya pemangkasan anggaran di OPD tersebut. Pemangkasan anggaran tersebut mengharus kan OPD itu untuk melakukan perombakan atas Anggaran kegiatan yang dimiliki oleh OPD tersebut.

” BPBJ hanya menerima Bekas saja dari pengajuan OPD- OPD yang hendak melakukan pelelangan, kemungkinan besar saat ini, kerena Refocusing banyak OPD yang tidak bisa melalukan pelelangan, hal ini disebabkan anggaran mereka terpangkas,” pungkasnya.(R)

Bagikan: