Lampung Utara, Indo Merdeka- Perkembangan teknologi digital diera milinium sangat memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data, dimana saja dan kapan saja.

” Teknologi digital sangat dibutuhkan guna melakukan percepatan dan ketepatan dalam mengakses data dan memperoleh data saat melakukan pekerjaan, khususnya yang bekerja di lingkup pemerintahan,” kata Asisten III, Efrizal Arsyad, mewakili Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo, S.,E., M.,M., dalam kegiatan Sosialisasi Meta Data Statistik Sektoral di lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara di ruang Tapis, Rabu (24/03/2021).

Dijelaskan Asisten III, Meta Data ini adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan atau dikelola. Tujuannya agar untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi, memudahkan pencarian data, menghindari duplikasi data, memberikan penyajian data yang akurat, memudahkan evaluasi informasi, dan lain sebagainya.

Karena itu, Ia berharap kepada seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan, supaya dapat membangun dan mewujudkan Meta Data Statistik secara sektoral. Selain itu, tenaga admin pengelola data dari masing-masing Perangkat Daerah dan Kecamatan diminta lebih berfokus pada Open Data, terutama yang berhubungan pelayanan publik.

“Tujuan dari sistem meta data untuk mempermudah mengakses informasi dan publikasi kepada masyarakat. Selain itu Perangkat Daerah dan Kecamatan harus aktif untuk mengisi segala informasi sesuai dengan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat. Data yang di input harus data yang berkualitas, sehingga meta data yang akan diakses masyarakat menjadi data yang akurat,”imbuhnya

hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampura Ir. Anwar, Kabid IPDS BPS Lampung Sudiyanto, S.Si., para Camat dan seluruh Perangkat Daerah (PD). (R)

Bagikan: