Lampung Utara, Indo Merdeka – Dinas Kesehatan Lampung Utara mulai mengalihkan fokus vaksinasi Covid-19 pada anak – anak usia 6 – 11 tahun. Kebijakan itu diambil setelah pencapaian vaksinasi Covid-19 Lampung Utara tahap I tahun 2021 telah mencapai 74,59 persen atau angka 342.031 orang.

“Karena vaksinasi telah melampaui target dari 70 persen menjadi 74,59 persen maka fokus kami‎ sekarang adalah vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Rabu (5/1/2022).

Menurut Dian Mauli, ‎segala yang dibutuhkan untuk proses vaksinasi tersebut sedang mereka persiapkan. Koordinasi dengan pelbagai pihak akan dilakukan sehingga rencana itu dapat terlaksana sesuai harapan.

“Untuk Lokasi vaksinasi untuk anak – anak tersebut dapat dilakukan di kecamatan, puskesmas, atau juga di sekolah masing – masing,” ujarnya.

Adapun mengenai ketersediaan vaksin untuk rencana tersebut, menurutnya, berdasarkan informasi yang didapatnya, vaksin itu telah ada di Bandarlampung. Diperkirakan dalam waktu dekat akan segera mereka ambil.

“Jadi, mungkin pekan depan sudah dapat dilakukan vaksinasi itu,” ‎kata dia.

Sementara mengenai perkembangan total warga yang telah menjalani vaksinasi tahap II dan III sendiri telah mencapai persentase 35,62 persen dan 0,37 persen. Untuk vaksinasi terhadap orang dengan usia lanjut, persentasenya telah mencapai 59,99 persen.

“Target vaksinasi untuk orang usia lanjut sendiri adalah 60 persen. Jadi, dapat dikatakan telah mencapai target,” jelasnya.

Berdasarkan data Bappeda Lampung pada 21 Desember 2021 lalu, total warga Lam‎pung Utara yang terkonfirmasi positif berjumlah 3.952 orang. Dari ke-3.952 orang itu, 176 di antaranya meninggal dunia.‎(R)

Bagikan: