Lampung Utara, Indo Merdeka – Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra buka lounching Sosialisasi, Identifikasi dan Jemput Data Masyarakat Miskin kepada 233 pekerja sosial di Aula Kantor Dinas Pertanian Peternakan Setempat. Rabu, 3/8/2022

Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra mengatakan, program Sosialisasi Identifikasi merupakan program aplikasi data yang bekerjasama dengan beberapa instansi diantara Dinsas Sosial, BKSDM, dan Disdukcapil serta BPJS.

Berdasarkan data yang ada, jumlah seluruh pekerja sosial yang ada di Kabupaten Lampung Utara sebanyak 233 terdiri dari 23 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), 23 anggota Taruna Siaga Bencana(Tagana) dan 187 pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Menurut Ardian, keberadaan program ini diharapkan akan dapat sedikit membantu guna memperlancar proses pengusulan batuan sosial (Bansos) masyarakat,
baik ketingkat daerah, propinsi maupun pusat,
Melalui pendamping PKH, dan TKSK,

” Banyak masyarakat mengalami kendala dalam proses pengusulan bantuan ini, dan banyak masyarakat yang tergolong mampu namun masih mendapat bantuan. Mudah- mudah an dengan adanya program Sosialisasi Identifikasi ini, data yang akan diperoleh kedepannya merupakan data akurat yang tepat sasaran,” imbuhnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lampura, Eka Dharma Thohir, menegaskan Program Sosialisasi identifikasi Jamin merupakan wujud sosialisasi, identifikasi dan jemput data masyarakat miskin dalam upaya mengoptimalkan program pekerja sosial dalam memverifikasi masyarakat sebagai penerima bansos.

” Tujuannya untuk menuju pelayanan publik yang transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Ketua Forum Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (FK-TKSK) Lampura Sarkasi saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi itu untuk memvalidasi data masyarakat pra sejahtera yang ada di Lampura, biak yang sudah belum atau yang berpotensi mengalami kemiskinan.

” Untuk data penerima bantuan khususnya bantuan program sembako di 23 Kecamatan se – Lampung Utara sebanyak 64 ribu kepala keluarga(KK),” tandasnya.(R )

Bagikan: