Lampung Utara, Indo Merdeka – Dinas Pemu‎da, Olahraga, dan Pariwisata Lampung Utara menyatakan, persiapan pelaksanaan perayaan HUT ke-77 RI nyaris rampung. Seluruh personil maupun peralatan yang diperlukan dinyatakan telah siap.

“Persiapan pelaksanaan upacara HUT RI sudah mencapai 98 persenan. Jadi, dapat dikatakan sudah hampir rampung,” ucap Kepala Dinas Pemu‎da, Olahraga, dan Pariwisata Lampung Utara, Imam Hanafi, Jum’at (12/8/2022).

Menurut Imam, persiapan yang telah dilakukan itu ialah menyiapkan para anggota Paskibraka dan peralatan yang dibutuhkan. Untuk anggota Paskibraka, ‎saat ini sedang menjalani masa karantina. ‎Sebelumnya mereka juga telah menjalani Pradiklat yang digelar pada tanggal 18 hingga 29 Juli 2022 lalu.

“Alhamdulillah selama menjalani karantina ini kondisi mereka semua sehat,” ujarnya.

Lokasi karantina sendiri bertempat di Hotel Cahaya Kotabumi. Mereka tidak diperkenankan untuk pulang ke rumah hingga tanggal 18 Agustus mendatang. ‎Namun, jika memang keperluannya mendesak, mereka dapat diperkenankan ke luar dengan dikawal oleh para seniornya.

“Mereka latihannya sejak pukul 7 pagi dan baru pulang pukul 5 sore. Malam harinya, mereka juga mendapat materi penting Kesbangpol, PPI, Polres dan TNI serta Granat,” urai dia.

Sementara mengenai persiapan peralatan, Imam menjelaskan, seluruhnya dinyatakan telah siap. Tali bendera berikut benderanya telah mereka periksa kondisinya. Mereka tidak ingin tali bendera itu dalam keadaan rapuh sehingga insiden tahun 2013 kembali terulang. Kala itu, tali bendera terputus sehingga bendera tak dapat dikibarkan ke udara.

‎”Persiapannya sudah matang. Semoga, pelaksanaan upacaranya berjalan sesuai harapan,” harapnya.(R)

Bagikan: